Selasa, 14 Oktober 2014

Mengelola Keuangan

Assalamu'alaikum. Lama tidak posting, ternyata istiqomah itu... sesuatu baget ya.. hehe
oke sista, langsung ke TKP aja, kali ini ane mau sharing tentang mengelola keuangan pribadi. Saya adalah tipe orang yang  buruk pengelolaan keuangannya, dan karena saya sadar bahwa suatu saat nanti saya akan menjadi ibu rumah tangga yang berarti saya harus pandai mengelola keuangan keluarga(be a smart mom. hihi ^^), maka saya putuskan belajar mulai dari sekarang :D. Nah setelah berselanjar di dunia maya. Mondar mandir dengan begitu banyak kata kunci, seperti mengelola keuangan pribadi, cash flow keuangan, mengelola keuangan dengan excel, dan masih banyak lagi akhirnya saya simpulkan secara sederhana saja, hehe. Saya simpulkan seperti ini. Kita harus memahami cash flow atau aliran uang kita gunakan untuk apa saja, lebih baik membuat perencanaan keuangan sejak awal dan idealnya adalah sebagai berikut :
Dari 100% penghasilan kita, 
1. sisihkan (wajib) 10% untuk di tabung, 
2. 30% untuk cicilan atau membayar utang (tidak boleh lebih dari 30%),
3. 20% untuk keperluan pribadi seperti jalan", shopping dll, 
4. 40% untuk keperluan primer seperti belanja makan dll. 

Kurang lebih seperti itu, nah untuk memudahkan kita mengatur cash flow ada aplikasi pengolahan uang sederhana menggunakan ms.excel (template cash flow), yang sederhana dan mudah dgunakan. Yuk cekidot, bisa di donlot di sini.
Berikut printscreenya.

Mungkin ini dulu sharing kali ini, See you next post. Semoga bermanfaat. ^.^

1 komentar:

  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus